Trik Membersihkan Kolam Renang Supaya Tidak Berlumut

Akan tetapi, semua itu bisa diatasi dengan berbagai tips trik sederhana, membuat kolam renang ukuran kecil dengan perlengkapan standar pun bisa dilakukan oleh kalangan menengah. Tetapi satu hal yang harus diperhatikan, kebersihan kolam renang dan lingkungannya harus benar-benar dijaga.

Kolam renang membutuhkan perawatan khusus untuk airnya, sehingga kadar airnya tetap seimbang dan tak akan melukai mata perenang di dalamnya. Apalagi menggunakan zat kimia khusus adalah hal yang lumrah dalam menjernihkan kolam renang, maka karena itu kita perlu mengedukasi diri sendiri untuk menjaga kadar airnya dengan tips di bawah ini.

Merawat Kadar Air Kolam Renang Supaya Tetap Aman

Berikut ini adalah beberapa bahan kimia yang lumrah digunakan untuk merawat air di kolam renang. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membaca label pemakaian pada kemasannya, gunakan sesuai petunjuk dan dosis yang sudah dianjurkan. Di pasaran ada banyak sekali merk perawatan air kolam, rata-rata bahan aktifnya sama. Yang membedakannya hanya kadar zat aktif yang ada di dalamnya saja.

Apa saja ya?

  • Klorin. Zat yang satu ini akan mengikat kotoran dalam air, membuatnya tetap bersih dan jernih. Digunakan setidaknya satu minggu sekali dan tablet klorin yang paling banyak digunakan karena praktis, juga lama larut sehingga klorin dilepas perlahan. Masukkan klorin tablet ke dalam kolam renang pada sore hari atau pada malam hari, supaya Klorin bisa bekerja dengan maksimal tanpa dipengaruhi sinar matahari.
  • Cyanuric acid. Yang satu ini adalah bahan kimia ini diperlukan supaya bisa menyeimbangkan pH dalam air, supaya klorin lebih maksimal saat menjernihkan air. Ketahuilah bahwa pH air yang direkomendasikan ialah 7,2-7,8. Biasanya zat yang satu ini sudah paket lengkap dalam tablet klorin, kalaupun tak ada maka bisa membelinya secara terpisah ya!
  • Algaecide. Sering kesal karena kolam renang sangat mudah berlumut dan licin? Maka bahan yang satu ini adalah jawabannya. Bahan aktif ini akan mencegah tumbuhnya lumut, biasanya diaplikasikan setelah shock treatment (pembersihan dengan klorin)

Setelah melakukan serangkaian perawatan kimia air kolam, maka rutin cek air dengan alat khusus setiap seminggu dua kali. Maksudnya supaya bisa mengetahui apakah kadarnya masih aman untuk pengguna kolam renang, apakah dosis perawatan air sudah tepat dan sebagainya.

Cara Membersihkan Kolam Renang

Setelah mengetahui cara merawat air kolam renang supaya jernih dan tidak berbau, maka sekarang adalah giliran untuk membersihkan kolam renang. Berikut adalah beberapa tipsnya.

  1. Biasakan untuk mengepel lantai sekitar kolam renang. Maksud dari hal ini supaya mencegah tumbuhnya lumut, mencegah bakteri dan kerak air. Lebih bagus menggunakan cairan khusus untuk mencegah kerak air (misalnya pembersih lantai kamar mandi).
  2. Gunakan jaring khusus untuk membersihkan permukaan kolam dari dedaunan kering dan juga serangga. Hal ini harus dilakukan setiap hari, ya.
  3. Memiliki alat penyedot dinding dan lantai kolam renang khusus. Ada alat yang khusus untuk mengisap kotoran yang mengendap pada dasar kolam, juga lumut yang tumbuh di dindingnya. Seminggu sekali setidaknya harus dibersihkan supaya selalu kesat dan tidak membahayakan.

Demikian adalah cara merawat kolam renang sendiri, bagaimana? Ternyata tak sulit bukan?

Tinggalkan komentar