Tips Merawat Keramik Kolam Renang

Bagi anda yang memiliki kolam renang di rumah maupun memiliki usaha kolam renang yang dapat digunakan secara umum, tentunya harus benar-benar memperhatikan keramik yang ada di kolam renang tersebut.

Hal ini dikarenakan tanpa anda memperhatikan keramik atau melakukan perawatan khusus pada keramik yang ada pada dasar kolam renang maupun dinding kolam renang ini maka akan membahayakan bagi orang-orang yang sedang berenang di kolam tersebut.

Keramik yang tidak diperhatikan kebersihannya atau perawatannya tentunya akan licin atau kotor yang dapat membahayakan para perenang. Tentunya anda pun tidak menginginkan akan terjadi kecelakaan pada saat berenang.

Untuk itu, simak tips merawat keramik kolam renang di bawah ini:

Uji Tingkat Total Alkalinity (TA)

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menguji tingkat total alkalinity (TA) pada kolam renang. Anda harus memastikan bahwa TA ini berada di tingkatan antara 80 sampai 120 ppm. Memang sebelum menstabilkan tingkat pH yang ada di kolam renang, anda sebaiknya mengidealkan tingkatan TA ini terlebih dahulu.

BACA JUGA  Tips Keren Dapat Tiket Kolam Renang yang Murah

Uji Tingkat pH Air

Setelah anda menguji tingkat TA yang ada di kolam renang tersebut, maka saatnya anda pun menguji tingkat pH air di kolam tersebut. Tingkat pH yang ideal pada air di kolam renang adalah berkisar antara 7,2 hingga 7,6. Anda wajib mengendalikan tingkat pH yang ada dengan cara menstabilkan pH secara tepat.

Jaga Kadar Kekerasan Kalsium

Setelah anda mengidealkan tingkat TA dan menstabilkan tingkat pH air maka langkah selanjutnya adalah menjaga kadar kekerasan kalsium. Kadar kekerasan kalsium yang ideal berkisar antara 200 sampai 235 ppm. Yang perlu anda ketahui adalah semakin tinggi kadar kalsium yang ada pada kolam renang anda maka akan semakin cepat pula menimbulkan bercak atau noda yang menempel baik itu di dinding maupun di lantai kolam renang anda.

Cegah Terbentuknya Noda

Anda dapat mencegah terbentuknya noda yang ada di dinding maupun di lantai kolam renang ini dengan cara menguji keseimbangan air. Pengujian keseimbangan air ini dapat anda lakukan secara rutin dan terjadwal. Dengan semakin rutinnya anda menguji keseimbangan air yang ada pada kolam renang anda maka kolam renang anda akan tetap terjaga kebersihan serta keamanannya terutama dalam hal terbentuknya noda yang akan terjadi pada keramik yang digunakan pada dinding maupun lantai dasar kolam renang tersebut.

BACA JUGA  Rencana Mau Bangun Kolam Renang Di Rumah? Perhatikan 8 cara Berikut

Lakukan Vakum Dan Penyikatan Secara Rutin

Selain anda melakukan hal-hal di atas, anda juga wajib melakukan vakum serta penyikatan pada dinding maupun lantai dasar kolam anda secara rutin. Hal ini tentunya bertujuan untuk menghindari tertumpuknya noda yang ada pada dinding maupun lantai dasar kolam renang tersebut. Setiap anda melihat ada noda pada keramik tersebut sebaiknya segera sikat atau bersihkan dengan spon agar noda tersebut tidak terlalu tertumpuk dan nantinya akan semakin banyak. Karena dengan banyaknya noda yang ada pada keramik ini tentunya akan membuat keramik menjadi licin serta dapat membahayakan bagi perenang.

Dengan anda mengetahui tips merawat keramik kolam renang di atas yang tentunya keramik ini umum digunakan untuk pembuatan dinding serta lantai dasar. Maka jaga dan rawatlah selalu keramik kolam renang anda untuk memberikan kenyaman bagi perenang dan keamanan tentunya. Lakukan perawatan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tinggalkan komentar