Rencana Biaya Pembuatan Kolam Renang

Biaya Pembuatan Kolam Renang – Kolam renang saat ini masih menjadi salah satu fasilitas favorit setiap keluarga, terlebih bagi mereka yang memiliki hunian modern. Banyak orang yang saat membangun rumah baru turut merencanakan untuk pengadaan kolam renang di rumah. Lantaran jika diperkirakan, biaya untuk pembuatan kolam renang yang minimalis dengan ukuran 3 × 5 meter atau pun di atasnya tidaklah terlalu mahal. Inilah salah satu alasan kuat mengapa banyak orang ingin mempunyai kolam renang sendiri di rumahnya.

Apalagi saat ini ada begitu banyak kontraktor kolam renang yang menawarkan jasa pembuatan kolam renang untuk memudahkan pengerjaannya. Namun pastikan Anda mengetahui berapa perkiraan kalkulasi harga yang harus dipersiapkan. Tujuannya adalah supaya kolam renang yang Anda inginkan dapat terwujud dengan anggaran yang pas dan efisien mungkin, serta tidak membengkak. Kolamrenangku sebagai kontraktor kolam renang terpercaya yang bisa diandalkan sebagai pelaksana proyek pembuatan maupun renovasi kolam.

Melalui jasa Kolamrenangku, Anda bisa mengetahui perkiraan ongkos jasa dan rincian anggaran biaya membuat kolam renang dengan harga pembuatan per meter m2. Baik itu untuk membuat kolam di rumah pribadi, persegi, minimalis, mini dan juga kolam renang untuk umum. Maka dari itu, yuk cek estimasi borongan untuk membangun kolam dengan modal kecil dan budget murah tahun 2019 – 2020 berikut ini. Namun sebelumnya, ketahui dulu apa saja faktor yang nantinya akan mempengaruhi beban pembiayaan dalam pembuatan kolam renang berikut ini.

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Pembuatan Kolam Renang

Ukuran kolam renang

Faktor penyebab mahalnya biaya pembuatan kolam renang yang pertama yaitu terkait ukuran kolam yang akan dibuat. Sangat jelas bahwa ukuran pastinya akan sangat memberi pengarug terhadap biaya konstruksinya. Semakin besar ukuran kolam renang, tentu semakin besar pula biaya yang harus Anda keluarkan untuk kebutuhan konstruksi.

Biaya ini meliputi banyak hal, seperti biaya pembelian material, upah tenaga pekerja kolam, dan berbagai biaya terkait kebutuhan bahan lain. Untuk itu, sebaiknya sesuaikan ukuran kolam renang Anda dengan kebutuhan, luas lahan, serta anggaran yang tersedia.

Kualitas konstruksi

Kualitas pengerjaan dan konstruksi juga menjadi penyebab kedua yang mempengaruhi harga pembuatan kolam renang. Kesalahan yang fatal yang seringkali dilakukan oleh mereka yang ingin membangun kolam adalah menginginkan konstruksi kolam renang yang kuat, namun menggunakan dana konstruksi yang minim. Hal ini tentunya sangat tidak mungkin, mengingat konstruksi kolam renang yang kuat membutuhkan begitu banyak jumlah material dan tenaga yang dibutuhkan.

Selain itu, jika ukuran kolam semakin dalam dan dan luas, tentu volume air yang dimasukkan juga makin bertambah banyak. Volume air tersebut, pastinya akan menambah berat beban yang harus ditopang oleh konstruksi kolam renang. Sehingga kuakitas konstruksi juga harus ditambah dan lebih baik, sehingga akan berpengaruh pada biaya.

BACA JUGA  60 Contoh Desain Kolam Renang Minimalis

Finishing kolam renang

Bagaimana finishing pada konstruksi kolam renang juga menjadi faktor yang mempengaruhi biaya dalam pembuatan kolam renang. Misalnya saja bahan yang digunakan untuk finishing pada bagian lantai dan dinding kolam renang. Jika di bagian tersebut menggunakan mozaik, tentu biayanya akan bertambah mahal dibandingkan bila memakai keramik.

Hal ini disebabkan karena mozaik memiliki bahan yang lebih kuat dan tersedia dalam berbagai seri atau pun kombinasi warna berbeda. Bila Anda ingin mengkombinasikan macam seri tersebut maupun beberapa warna jadi satu, tentunya Anda haruslah mengeluarkan budget yang lebih banyak.  Karena anggaranan setiap seri dan warna yang tersedia mempunyai harga yang berbeda juga.

Penambahan efek khusus pada kolam renang

Faktor yang keempat yaitu menambahkan efek khusus untuk kolam renang, misalnya penggunaan air hangat atau pun efek gelombang. Bila menggunakan efek tersebut pada kolam renang, tentu hal ini membutuhkan adanya mesin tambahan. Sehingga tak heran jika penambahan mesin penghangat atau pembuat gelombang tersebut juga mengharuskan Anda mengeluarkan biaya pembuatan kolam renang tambahan.

Lokasi pembuatan

Tahukah Anda jika dalam membuat kolam renang, ternyata lokasi juga turut mempengaruhi harganya? Biasanya, pihak kontraktor akan memasukkan akses lokasi di mana kolam renang akan dibuat menjadi salah satu item biaya tambahan yang menjadi beban bagi calon pemilik kolam. Alasannya adalah dikarenakan akses lokasi yang mungkin saja akan menyulitkan para pekerja kontraktor.

Bisa saja hal ini akan memberikan dampak pada biaya akomodasinya yang juga semakin membengkak. Sehingga wajar jika tambahan biaya lokasi ini berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Misalnya saja jika pembuatan kolam berlokasi di daerah lereng pegunungan yang datarannya cukup miring. Tentu, biaya pembuatan kolam renang berbeda.

Tentu saja konstruksi kolam renang tersebut harus menggunakan berbagai material tambahan dibanding membangun kolam di perkotaan. Jika material yang digunakan hanya sedikit, kemungkinan besar kolam akan mudah mengalami longsor akibat tanah di bawahnya. Tingkat kemiringan di tanah yang dipakai akan membuat konstruksi kolam renang lebih mudah longsor akibat adanya beban berat.

Set mesin pompa kolam renang dan filter

Pengadaan mesin pompa dan filter juga ikut mempengaruhi biaya pembuatan kolam renang. Masing-masing merk dan perlengkapannya memiliki standar harga dan kualitas yang berbeda, sehingga akan sangat mempengaruhi biaya pembangunan kolam renang. Semakin besar kolam renang yang akan dibuat, tentu saja mesin yang dibutuhkan juga lebih besar demi memenuhi kapasitas air.

Tipe sirkulasi air kolam

Faktor pembuatan kolam renang yang mempengaruhi biaya selanjutnya adalah tipe sirkulasi yang dipilih. Ada berbagai tipe sirkulasi air kolam renang yang bisa Anda gunakan. Masing-masing tipe sirkulasi tersebut, tentunya juga mempunyai anggaran biaya berbeda, yang dipengaruhi oleh kompleksitas kesulitannya. Beberapa jenis tipe sirkulasi kolam antara lain sebagai berikut.

  • Sistem sirkulasi full overflow

Sistem sirkulasi full overflow adalah dengan membuat air kolam (secara sengaja) menjadi tumpah dari setiap bagian bibir kolam. Tumpahan air ini nantinya akan masuk ke saluran yang menampung limpahan air kolam yang selanjutnya disalurkan pada tank penyeimbang. Kemudian air kolam akan disaring, lalu air akan dialirkan kembali ke dalam kolam renang, dan begitupun seterusnya.

  • Sistem sirkulasi semi overflow

Sistem semi overflow mempunyai sedikit perbedaan dengan sistem full overflow yang memiliki sistem kerja supaya tumpahan air kolam berada di luar kolam dan mengenai hanya dibagian tertentu saja.

Faktor Pengerjaan Kolam Renang

Faktor mahalnya biaya pembuatan kolam renang yang terakhir adalah faktor Sumber Daya Manusia. Pengerjaan yang tidak stabil akan membuat biaya konstruksi menjadi meningkat, sehingga berpotensi merugikan pemiliki kolam. Maka dari itu, sangat penting memercayakan pembuatan kolam renang kepada ahlinya. Karena juka salah memilih, bukan tidak mungkin akan banyak material yang terbuang yang menyebabkan konstruksi kolam renang menjadi makin mahal.

BACA JUGA  Trik Membersihkan Kolam Renang Supaya Tidak Berlumut

Sehingga pastikan bila Anda akan membuat kolam renang, percayakan langsung pada ahli kontraktor di Kolamrenangku. Karena faktanya, masih banyak orang yang tidak paham mengenai pembuatan kolam renang untuk hunian. Sehingga tak jarang mereka mengalami kerugian akibat ulah kontraktor nakal yang ada di pasaran. Para kontraktor ini biasanya menaikkan harga dengan sangat tinggi untuk jasa maupun materialnya.

Sehingga, bila pemilik kolam tidak memahami hal tersebut, maka bisa saja biaya pembuatan kolam renang akan jadi meningkat banyak. Oleh karena itu, alangkah baiknya memilih kontraktor kolam renang yang ahli dan professional di Kolamrenangku. Kontraktor yang ahli dan profesinal ini mampu membuat konstruksi kolam renang menjadi kuat dengan budget terjangkau.

Kenapa Modal Membuat Kolam Renang Cukup besar?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi banyaknya modal membuat kolam renang memerlukan biaya besar. Jika menginginkan kolam renang yang berkualitas dan tahan lama, tentu Anda harus merogoh kocek yang cukup mahal. Karena jika terlalu memperhitungkan biaya dan menginginkan yang murah, tentu ada banyak resiko yang akan Anda alami. Contohnya saja dari segi biaya dan kemudahan dalam perawatan, tampilan, ketahanannya terhadap bocor, serta lamanya masa pakai.

Bagaimana Cara Menekan Anggaran Biaya buat Kolam Renang Mini?

Cara menekan anggaran biaya buat kolam renang mini menjadi salah satu hal yang tak boleh dilewatkan. Untuk menekan anggaran ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, misalnya dengan cara berikut.

  • Pastikan Anda ikut andil dalam melakukan survey pasar, supaya mendapat informasi lengkap seputar harga material di pasaran sebagai harga pembanding. Dengan melakukan survey tersebut, Anda dapat mengetahui bagaimana harga dan kualitas suatu material yang terbaik bagi kolam. Anda pun nantinya bisa menjadikannya bahan diskusi lanjutan dengan kontraktor yang mengerjakan proyek.
  • Anda bisa ikut andil dalam pengerjaan hal-hal kecil dalam proses pembuatan. Namun tentu saja, Anda harus terlebih duku mengkoordinasikannya dengan pihak pelaksana di lapangan.
  • Pilihlah material yang berkualitas namun menawarkan harga yang lebih terjangkau. Cara ini akan sangat efektif dalam menekan biaya kebutuhan konstruksi. Namun demi mendapatkan biaya yang lebih murah, jangan sampai Anda mengesampingkan kualitasnya.

Estimasi Biaya membuat Kolam Renang Minimalis.

Sebagai estimasi biaya membuat kolam renang minimalis, kita ambil contoh untuk kolam berukuran 3m x 5m = 15 meter persegi dengan kedalaman 1,5m.

  • Sistem pompa menggunakan Hayward yang harganya berkisar sekitar Rp 18.000.000,-
  • Biaya konstruksi memakai sistem hitungan per meter, kita ambil contoh Rp 3.000.000,-/m2.
  • Pengisian air kolam dengan membeli dari PDAM sebesar Rp 500.000,- hingga memenuhi kolam.
  • Finishing memakai material keramik mozaik.

Melalui ketentuan harga di atas, bisa diambil contoh untuk estimasinya sebagai berikut.

  • Panjang x Lebar x Kedalaman = 3 x 5 x 1,5 = 22,5 m2
  • 22,5 x 3.000.000  = Rp 67.500.000,-
    67.500.000 + 18.000.000 + 500.000 = Rp 86.000.000,-

Dengan estimasi tersebut, Anda bisa menyiapkan dana kurang lebih sekitar Rp 90.000.000,-. Harga yang diperkirakan di atas, bisa saja menjadi lebih sedikit ataupun lebih banyak tergantung parameter Anda dan kontraktor kolam renang yang digunakan.

Biaya Bikin Kolam Renang 2017

Pada poin sebelumnya, telah dijelaskan mengenai bagaimana estimasi perhitungan untuk biaya bikin kolam renang minimalis. Nah, biaya tersebut bisa Anda bandingkan dengan biaya bikin kolam renang 2017. Mulai dari biaya kontraktor, material, dan biaya-biaya lainnya yang bisa saja terjadi kenaikan ataupun penurunan harga.

BACA JUGA  Kontraktor Kolam Renang di Bali

Harga Pembuatan Kolam Renang 2018

Anda ingin membandingkan berapa harga pembuatan kolam renang 2018 dengan pembuatan di tahun 2020 sekarang. Sama seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, bahwa harga ini bisa mengalami kenaikan maupun penurunan yang disebabkan oleh beberapa faktor.

Pembuatan Rolam Renang Per Meter 2019

Jika Anda bertanya berapa harga pembuatan kolam renang per meter persegi, tentu hal ini tergantung dari banyak faktor. Ada harga yang dihitung kisaram Rp 3 juta /m2, Rp 5 juta /m2, ataupun Rp 6 juta /m2. Kisaran harga tersebut, tentunya didasarkan satuan /m2 yang juga dipengaruhi oleh material untuk finising, jenis pompa, jenis sandfilter, serta sistem mesin kolam renang yang akan di pakai. Maka dari itu, sebaiknya diskusikan terlebih duku rencana pembuatan kolam renang Anda bersama kontraktor terpercaya di Kolamrenangku.

Harga Borongan Membuat kolam renang m2 Update 2020

Harga borongan untuk membuat kolam renang m2 merupakan sistem upah yang akan dibayarkan pada pekerja. Anda bisa mendiskusikan sistem borongan ini dengan pihak kontraktor. Apakah kontraktor menggunakan sistem borongan upah tenaga ataupun keseluruhan dalam konstruksi kolam renang. Dalam hal ini, sistem bisa dipilih untuk biaya upah saja ataupun sekaligus dengan bahan material untuk konstruksi per m2.

Tips menekan Budget membuat Kolam Renang

Setelah Anda mengetahui contoh estimasi perhitungan untuk budget membuat kolam renang di atas, mungkin Anda akan beranggapan bahwa hasil tersebut cukup mahal dan lebih tinggi dari anggaran. Namun meski begitu, Anda tak perlu khawatir lantaran masih bisa melakukan penghematan biaya agar lebih sedikit. Caranya adalah sebagai berikut.

Pilih lokasi tanah yang tepat

Memilih titik lokasi konstruksi yang struktur tanahnya kuat dan tidak bergeser, supaya pondasi kolam dan lantai terhindar dari adanya keretakan. Sehingga hal ini tidak akan mengharuskan Anda menambah kebutuhan material kontruksi.

Memilih jasa kontraktor kolam renang pilihan

Berbagai perusahaan kontraktor kolam renang kini sedang bersaing dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Oleh karena itu, Anda harus jeli dengan setiap penawaran yang diberikan dan jangan hanya terpaku pada harga murahnya saja. Namun pastikan Anda memperhatikan kualitas, supaya nantinya tidak mengharuskan Anda mengeluarkan banyak biaya untuk perawatan atau pun perbaikan.

Pastikan Anda mengetahui track record kontraktor kolam renang yang Anda pilih, serta cari tahu juga sistem pengerjaannya bagaimana. Tanyakan apakah biaya yang ditawarkan lengkap mulai dari perencanaan hingga jasa perawatan berkala atau tidak, supaya Anda tidak banyak pengeluaran setelah penggunaan. Dengan begitu Anda akan terhindar dari potensi pemborosan biaya pembangunan, serta perawatan berkala di masa garansi.

 Rekomendasi Kontraktor untuk Membangun Kolam Renang

Rekomendasi kontraktor untuk membangun kolam renang yang memiliki reputasi baik dan sudah berpengalaman adalah Kolamrenangku. Kontraktor ini bisa mengerjakan berbagai jenis proyek seperti kolam renang umum, kolam renang pribadi atau rumahan, kolam renang hotel, kolam renang villa, kolam renang guest house, waterboom, dan kolam renang lain sesuai kebutuhan Anda. Selain kebutuhan kolam renang diberbagai bangunan, Kolamrenangku juga mengerjakan banyak desain kolam.

Berbagai desain kolam renang juga bisa dikerjakan seperti Desain Kolam Renang Minimalis Modern Tropis, Mini Garden, Minimalis Indoor, Kontemporer, dan berbagai desain kolam renang lain. Kolamrenangku biasa mengerjakan kolam dengan dilakukan survey awal terlebih dulu. Sehingga harga yang di tujukan ke pelanggan menjadi lebih terjangkau, serta hasil pengerjaan juga menjadi maksimal. Maka dari itu, pastikan Anda selalu memercayakan kebutuhan kontraktor kolam renang di Kolamrenangku.

Tinggalkan komentar