Bagaimana Cara Menurunkan Kadar pH Kolam Renang?

Adanya zat kontaminan pada kolam renang dapat membuat kadar pH kolam renang menjadi terlalu basa. Sedangkan kadar pH kolam renang yang aman adalah sekitar 7,2 hingga 7,8 saja. Kolam renang yang tidak berada dalam kadar pH normal dapat menimbulkan risiko iritasi bagi penggunanya. Karena itu, mendeteksi pH kolam renang dan menurunkan kadar pH kolam perlu dilakukan secara berkala.

Keberadaan kontaminan pada kolam renang memang sesuatu yang tidak dapat dihindari. Namun, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kadar pH kolam renang supaya aman digunakan kembali.

#1 Menggunakan Asam Klorida

Untuk menurunkan pH kolam renang dengan menggunakan asam klorida, pastikan asam klorida yang Anda gunakan memang diformulasikan khusus untuk kolam renang. Biasanya, asam klorida jenis ini dijual dalam bentuk larutan siap pakai, meskipun ada juga yang berbentuk butiran, dan ada pula jenis asam klorida yang harus diencerkan dulu sebelum digunakan. Untuk menghindari kesalahan penggunaan, pastikan Anda membaca label panduan dengan saksama.

BACA JUGA  Jasa Pembuatan Kolam Renang

Asam klorida merupakan asam keras yang bisa menimbulkan efek terbakar jika terkena tubuh atau anggota badan. Karena itu, pastikan Anda berhati – hati saat menggunakannya. Pastikan juga berapa banyak kadar asam klorida yang akan Anda butuhkan. Jika Anda bingung, Anda bisa menanyakan kepada orang yang sudah ahli untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Jika sudah mengetahui berapa kadar yang diperlukan, tuangkan asam klorida melalui jet balik secara hati – hati agar tersebar secara merata. Kemudian lakukan uji pH kembali setelah 4 jam. Jika masih terlalu basa, Anda bisa mengulangi prosesnya lagi. Biarkan kolam renang minimal 4 jam setelah pemakaian sebelum dipakai kembali.

#2 Menggunakan Natrium Bisulfat

Natrium bisulfat juga sering disebut sebagai asam kering. Hal ini karena natrium bisulfat sering dijual dalam bentuk bubuk. Anda bisa menemukan bahan kimia ini di toko perlengkapan kolam renang. Jangan lupa untuk mengikuti petunjuk pada kemasan. Perhatikan juga takaran natrium bisulfat yang akan Anda gunakan.

Meskipun natrium bisulfat termasuk asam yang cukup lembut, tindakan pencegahan tetap harus dilakukan. Karena asam ini masih bisa menyebabkan luka bakar dan iritasi. Jangan lupa juga untuk menuangkan asam kering ke kolam melalui jet balik. Sehingga kandungan asam bisa terdistribusi merata di kolam renang.

BACA JUGA  Rencana Biaya Pembuatan Kolam Renang

Setelah beberapa jam, cobalah untuk memeriksa ulang kadar pH air kolam renang, dan lakukan hal yang sama jika air terlalu basa. Sedangkan jika pH air malah jadi terlalu asam, Anda bisa menambahkan baking soda untuk menaikkan pH air kolam kembali. Pastikan untuk tidak menggunakan kolam renang setidaknya selama 4 jam sejak ditambahkan asam kering.

#3 Memasang Sistem CO2 Di Kolam Renang

Cara terakhir ini mungkin termasuk cara yang paling simple. Anda hanya tinggal menggunakan sistem CO2 untuk menjaga kadar pH kolam renang tetap stabil. Meski harga perangkat ini cukup mahal, namun tetap sebanding dengan fungsi yang diberikan.

Namun, untuk bisa memasang sistem ini di kolam renang, sebaiknya Anda menggunakan jasa profesional. Dan pertimbangkan juga dengan pakar kolam renang mengenai kondisi Anda dan juga kolam renang Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan. Sayangnya, sistem ini tidak terlalu berpengaruh jika kolamnya sudah terlalu basa.

Jadi, cara manakah yang biasa Anda gunakan untuk menurunkan kadar pH di kolam renang Anda?

BACA JUGA  60 Contoh Desain Kolam Renang Minimalis

Tinggalkan komentar