Memilih Kolam Renang yang Tepat untuk Anak

Sebelum memberi tahu cara berenang yang tepat kepada anak, ada hal lain yang lebih penting untuk anda pahami yaitu memilih kolam renang yang tepat untuk anak. Terlepas dari tempat renang itu dibuat di rumah ataupun menggunakan tempat umum. Memilih kolam renang yang tepat untuk anak tidak bisa dilakukan sembarangan.

memilih kolam renang yang tepat untuk anak

Tidak semua kolam renang cocok untuk digunakan berenang anak kecil. Selain faktor keamanan, faktor kesehatan dan fasilitas bermain air yang lengkap juga penting untuk diperhatikan. Karena tujuan membawa anak berenang bukan hanya mengenalkan nya dengan dunia air, melainkan anak bisa tetap sehat saat kembali ke rumah.

1. Pilih kolam renang yang tidak miliki permukaan yang kasar

Anak memiliki kulit yang sensitif, saat memilih jenis kolam renang yang tepat untuk anak, maka perhatikan permukaan kolam nya. Apalagi jika anda membeli kolam renang kecil untuk anak agar bisa bermain air di rumah. Maka hal utama yang harus diperhatikan adalah bagian permukaannya. Pastikan tidak kasar dan tidak akan menyebabkan iritasi pada kulit si kecil.

BACA JUGA  Rencana Mau Bangun Kolam Renang Di Rumah? Perhatikan 8 cara Berikut

2. Sesuaikan kolam renang dengan ukuran tubuh anak

Kolam renang yang digunakan harus sesuai dengan ukuran tubuh anak. Jangan terlalu tinggi apalagi sampai tenggelam, itu akan membahayakan nyawanya. Karena anak pada umumnya tidak dapat berenang dengan baik. Sehingga mereka tidak akan bertahan lama saat mereka berada dalam air.

3. Pilih bentuk kolam yang unik dan nyaman

Untuk membuat suasana hati anak senang dan untuk membuatnya lebih aktif maka pastikan anda memilih kolam renang anak yang memiliki bentuk dan ukuran yang sesuai dengan yang anda inginkan. Hal ini dapat membuat anak lebih senang saat mereka berada di sana berlama-lama.

Silakan baca Artikel Pilihan Editor: +50 Desain Kolam Renang yg Bisa di bangun di Rumah anda

4. Pastikan memiliki fasilitas bermain air yang lengkap

Anak lebih senang bermain air, maka pastikan jika anda menggunakan kolam renang umum, pilih tempat yang memiliki fasilitas yang memadai. Dengan demikian maka anak bisa dengan bebas bermain dengan air. Beberapa jenis fasilitas yang wajib ada di antaranya seperti waterboom, perosotan air, air mancur dan lain sebagainya.

BACA JUGA  Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Berenang Di Kolam Renang Umum

5. Perhatikan standar keamanannya

Standar keamanan menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat anda akan memilih kolam renang untuk anak-anak. Bukan hanya penjagaan nya saja, fasilitas yang diberikan juga harus memiliki standar yang bagus. Hal ini dianggap sangat penting karena anak-anak tidak paham dengan baik apa yang boleh mereka lakukan dan apa yang tidak boleh mereka lakukan.

6. Menyediakan tempat mandi tambahan

Kolam renang untuk anak yang bagus juga hendaknya dapat menyediakan tempat mandi tambahan. Hal ini digunakan untuk memandikan anak setelah ia berenang seharian. Karena air dalam kolam renang tidak bagus untuk kesehatan kulit anak, karena sudah tercampur dengan banyak orang dalam kolam.

7. Memiliki air yang bersih

Hal yang juga tidak kalah penting untuk anda perhatikan dari kolam renang anak ini adalah air yang digunakan nya. Pastikan bahwa air dalam kolam renang tersebut bersih dan tidak memiliki kotor. Apalagi sampai nampak ada banyak kotoran. Hal ini untuk menjaga kesehatan kulit anak.

BACA JUGA  Tips Merawat Keramik Kolam Renang

8. Pilih kolam renang khusus anak

Beberapa wahana ada yang menyediakan kolam renang anak bersatu dengan kolam renang orang dewasa. Jika anda memang peduli dengan anak, maka pilih dan gunakan arena kolam renang yang khusus untuk anak. Kolam khusus seperti ini sudah pasti akan sangat memperhatikan standar kenyamanan dan keamanan untuk anak.

Sampai disini tips cara memilih kolam renang yang tepat untuk anak kesayangan Anda dari Kolam Renangku.

Jika Anda membutukan jasa pembuatan kolam renang, Anda bisa menghubungi kontraktor kolam renang di Bali pada link ini Kolam Bali.

Tinggalkan komentar