Rencana Mau Bangun Kolam Renang Di Rumah? Perhatikan 8 cara Berikut

Artikel ini berisi informasi cara membangun kolam renang di rumah. Bagi anda yang mempunyai tanah berlebih pada bagian samping atau belakang rumah, mungkin ada keinginan untuk membangun kolam renang pribadi dengan berbagai tujuan. Selain bisa digunakan sebagai sarana berolah raga, kolam renang juga bisa anda gunakan untuk bersantai bersama keluarga.

Jika memang anda berniat membangun kolam renang private di rumah, kira-kira hal apa yang wajib diperhatikan agar desainnya sesuai dengan keperluan? Berikut informasi lengkapnya.

Perhatikan Desain Kolam Renang

Sebelum anda memutuskan untuk membangun kolam renang private di rumah, sebaiknya anda jawab dulu sebuah pertanyaan. Apa tujuan anda membangun kolam renang. Apakah hanya sekedar untuk bersantai, berolah raga, berlatih renang hingga menjadi atlet, atau bahkan kombinasi antara kolam renang dan spa?

BACA JUGA  Ciri Air Kolam Renang Sehat Dan Aman Untuk Berenang

Mengapa pertanyaan tersebut perlu dijawab? Karena beda tujuan pembuatan kolam renang akan beda pula desainnya.

Siapa Saja Yang Akan Menggunakan Kolam Renang Tersebut?

Jika anda merencanakan untuk membangun kolam renang di dalam rumah yang bisa digunakan oleh anak anda yang masih kecil di rumah, perhatikan untuk membangun kolam renang yang ada bagian dangkalnya. Sehingga si kecil bisa menikmati bermain di kolam renang dengan aman.

Sesuaikan Dengan Luas Tanah

Biasanya kontraktor kolam renang akan menganalisis tanah yang nantinya akan dibangun menjadi kolam renang. Jika tanah pada halaman anda banyak terdapat sampah, maka akan dibuang dulu sampahnya dan dipadatkan tanahnya. Agar mudah ketika membangun kolam renang tersebut.

Tentukan Tempat Yang Sesuai

Sebaiknya jangan membangun kolam renang pada tanah yang didalamnya ada saluran listrik, saluran gas, ataupun saluran air di dalamnya. Karena untuk memindahkan itu semua selain diperlukan waktu yang cukup lama juga diperlukan biaya yang cukup besar.

Fitur Apa Saja Yang Ingin Ditambah Pada Kolam Renang

Agar kolam renang menjadi multifungsi, biasanya banyak fitur yang ditambahkan pada kolam renang. Seperti penambahan bar di dalam kolam, bangku di dalam kolam, atau bahkan jaring untuk sekedar bermain voli air. Nah, jika sudah begini, tentu saja akan lebih banyak lagi biaya yang harus anda keluarkan untuk membangunnya.

BACA JUGA  Tips Keren Dapat Tiket Kolam Renang yang Murah

dalam membangun kolam renang di rumah wajib menentukan Material Yang Akan Digunakan

Jika anda mempunyai budget yang terbatas, sebaiknya pilihlah material finishing yang terjangkau seperti keramik ataupun vinyl. Namun jika menginginkan lebih terlihat mewah, anda bisa menggunakan material mozaik atau batu alam dengan harga yang tentu saja lebih mahal dibandingkan dengan keramik ataupun vinyl. Penggunaan material finishing ini bisa disesuaikan dengan budget yang anda miliki.

Buatlah Kolam Renang rumah Yang Mudah Dirawat

Ketika anda memutuskan untuk membangun kolam renang di rumah, berarti anda sudah siap dengan konsekuensi pembersihan dan perawatannya. Maka dari itu, bangunlah kolam renang yang mudah dalam perawatannya. Gunakan pipa-pipa yang cukup besar dan pompa yang bisa diatur kecepatannya.

Agar lumut tidak cepat tumbuh, anda bisa tambahkan klorinator di dalam air. Dengan demikian, anda tidak perlu sering-sering membersihkan kolam renang.

Pilih Kontraktor Yang Berpengalaman

Untuk mendapatkan hasil bangunan kolam renang yang baik dan berkualitas, pilihlah kontraktor yang berpengalaman dalam membangun kolam renang. Atau biasa disebut dengan kontraktor spesialis kolam renang.

BACA JUGA  Inilah Daftar Harga Obat Kolam Renang Terbaru

Untuk bisa mendapat kontraktor yang berkualitas, sebaiknya perhatikan testimoni dari pemilik kolam renang yang pernah menggunakan jasa mereka. Testimoni yang jujur dan real bisa membantu anda untuk menemukan kontraktor yang tepat agar kolam renang di rumah impian anda bisa terwujud dengan baik.

Tinggalkan komentar