Kolam Renang Berbusa, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Cara mengatasi dan merawat kolam renang berbusa, Jika Anda adalah pengelola kolam renang atau memiliki kolam renang pribadi di rumah, tentu saja Anda harus tahu bagaimana cara menjaga kolam renang Anda tetap bersih. Melakukan perawatan kolam renang memang bukan hal yang mudah. Namun juga bukannya sama sekali tidak bisa dilakukan.

Ada beberapa masalah perawatan yang biasa ada di kolam renang. Salah satu yang paling umum adalah kondisi kolam renang yang berbusa. Adanya busa di kolam renang akan membuat kolam renang jadi terlihat tidak indah.

Jika dibiarkan begitu saja, kolam renang Anda malah akan berlumut. Dan perawatan untuk membersihkan lumut tentu saja akan menjadi lebih sulit. Apalagi kalau sudah sampai berkerak. Karena itu, semakin cepat Anda mengatasinya, akan semakin baik dan mudah perawatannya.

Nah, berikut ini adalah cara mengatasi kolam renang berbusa yang bisa Anda lakukan.

Cara Mengatasi Kolam Renang Berbusa

Air kolam yang berbusa lebih sering terjadi pada kolam outdoor, meskipun tidak menutup kemungkinan kalau kolam renang indoor juga bisa mengalami hal ini. Kolam renang berbusa ditandai dengan munculnya busa kecil seperti sabun pada permukaan kolam renang. Busa ini akan semakin banyak jika kolam digunakan untuk berenang dan lama kelamaan akan menumpuk di sudut kolam renang.

BACA JUGA  Memilih Kolam Renang yang Tepat untuk Anak

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan leaf skimmer atau saringan untuk menangkap busa – busa tersebut. Selain itu, tambahkan juga granular kurang lebih sebanyak setengah kilogram. Penggunaan granular membantu agar busa tidak kembali muncul lagi. Cara mengatasi dan merawat kolam renang berbusa yaitu:

#1 Mengatasi Kolam Renang Berbusa Yang Telah Menjadi Lumut ( cara pertama )

Jika busa didiamkan terlalu lama menempel di dinding, maka akan terbentuk lumut pada dinding kolam renang. Jika sudah ada lumut, maka Anda harus membersihkan dan mengangkat lumut yang sudah terbentuk itu terlebih dahulu. Untuk mendapatkan hasil pembersihan yang maksimal, Anda bisa menggunakan sikat untuk merontokkannya.

Setelah lumut sudah dibersihkan, Anda bisa menambahkan granular dan soda as ke kolam renang. Anda akan membutuhkan sekitar setengah kilogram granular dan juga soda as. Penambahan soda as digunakan untuk mengurangi bau tidak sedap di kolam renang. Selain itu, soda as juga membantu membersihkan sisa – sisa lumut yang tertinggal.

#2 Membatasi Penggunaan Terusi Untuk Kolam Renang

Pembatasan penggunaan terusi juga dapat membantu mengurangi pembentukan busa di kolam renang Anda. Cara mengatasinya adalah Anda bisa melakukan pembatasan dengan mengatur penggunaan terusi. Misalnya dengan menggunakan terusi hanya dua pekan sekali dengan ukuran satu genggam saja.

BACA JUGA  Rencana Mau Bangun Kolam Renang Di Rumah? Perhatikan 8 cara Berikut

Selain itu, Anda juga bisa menjaga kebersihan kolam renang Anda dengan membersihkan debu di kolam renang secara rutin. Kolam renang yang tidak dirawat dengan baik biasanya akan menimbulkan banyak masalah kepada pemiliknya. Seperti kotoran yang menumpuk dari waktu ke waktu. Jika dibiarkan terus menerus, kotoran ini dapat menimbulkan kerak di dinding kolam renang Anda. Apabila sudah terbentuk kerak, tentu saja membersihkan kolam renang akan jadi semakin sulit.

Memiliki kolam renang tentu saja harus siap dengan risiko perawatannya yang lumayan menguras tenaga, waktu, dan dana. Karena itu, Anda mesti mengetahui hal – hal apa yang perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan kolam renang Anda. Jangan menunda waktu pembersihan terlalu lama. Semakin lama jeda waktu pembersihan, maka akan semakin sulit juga kolam renang Anda dibersihkan. Jika sudah terlalu menumpuk, membersihkannya pun akan memakan biaya yang jauh lebih besar dan waktu yang lebih panjang.

Itulah Tips untuk mencegah kolam renang berbusa dan cara mengatasi dengan membatasi penggunaan terusi supaya kolam renang tidak berlumut.

BACA JUGA  Tips Merawat Keramik Kolam Renang

Tinggalkan komentar