Ciri Air Kolam Renang Sehat Dan Aman Untuk Berenang

Kegiatan berenang memang menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi banyak orang di segala usia. Mulai dari anak – anak hingga orang lanjut usia. Akan tetapi, memilih kolam renang juga tidak bisa asal – asalan. Salah – salah malah bisa menimbulkan penyakit kulit atau penyakit lain yang tidak diinginkan. Karena itu, memperhatikan kondisi kolam renang jadi salah satu hal penting yang harus dilakukan sebelum Anda memutuskan untuk berenang.

Ada beberapa indikator atau ciri – ciri yang bisa Anda perhatikan sebelum berenang di suatu kolam renang. Berikut ini adalah beberapa ciri – ciri tersebut:

#1 Air Kolam Renang Tidak Keruh

Melihat apakah kolam renang memiliki air yang keruh atau tidak adalah indikator yang paling mudah untuk mengetahui apakah kolam renang tersebut aman atau tidak. Air yang keruh juga menandakan bahwa air tersebut telah terkena kontaminasi dari zat lain di dalamnya. Seperti pasir, tanah, atau bahkan zat berbahaya. Karena itu, akan lebih baik jika Anda tidak berenang di kolam renang yang airnya keruh.

BACA JUGA  Tips Merawat Keramik Kolam Renang

#2 Air Kolam Renang Tidak Berwarna

Selain air yang tidak keruh, air kolam renang yang bersih dan aman biasanya tidak memiliki warna lain yang tercampur. Bahkan beberapa warna tertentu bisa jadi menandakan bahwa air kolam renang tersebut tidak aman untuk Anda gunakan. Bahkan bisa memberikan dampak yang serius jika Anda tetap berenang di tempat tersebut.

#3 Air Kolam Renang Tidak Berbau

Air yang bersih dan aman juga tidak akan memiliki bau. Kalau Anda menemukan air yang berbau, apalagi baunya sampai menyengat, bisa jadi air tersebut telah terkotori oleh bahan tertentu yang dapat berdampak buruk terhadap kesehatan Anda. Apalagi jika bau yang muncul terasa seperti bau asam. Sudah dapat dipastikan bahwa kolam renang tersebut tidak layak untuk Anda gunakan.

#4 Air Kolam Renang Tidak Memiliki Rasa

Air yang sehat dan bersih tentu saja tidak akan memiliki rasa atau terasa tawar. Jika air terasa memiliki rasa yang tidak normal, seperti pahit, getir, atau asin dan lain – lain, jangan memaksakan diri untuk tetap berenang di air tersebut. Rasa air yang berubah merupakan tanda bahwa air tersebut sudah tidak aman lagi untuk Anda gunakan.

BACA JUGA  Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Berenang Di Kolam Renang Umum

#5 Air Kolam Renang Memiliki Suhu Normal

Suhu air bersih dan sehat pada kondisi normal tidak akan terlalu panas atau dingin. Suhu yang terlalu panas bisa membuat air menguap terlalu banyak. Sedangkan suhu yang terlalu rendah bisa menyebabkan air membeku. Dua kondisi ini menjadikan kolam renang jadi tidak ideal untuk digunakan. Sebagai gambaran, suhu normal air yang aman, sehat, dan bersih adalah sekitar 10 hingga 25 derajat celcius.

Lima hal tersebut adalah indikator umum dan paling mudah terlihat apakah suatu kolam renang layak digunakan atau tidak. Selain lima indikator tersebut, Anda juga bisa mengetahui kelayakan kolam renang dengan memeriksa derajat keasaman atau pH kolam renang, keberadaan bakteri pathogen, keberadaan zat kimiawi arsenik, dan lain – lain.

Akan tetapi, indikator tersebut baru bisa diketahui dengan rangkaian proses tertentu. Namun, lima indikator tersebut sudah cukup sebagai gambaran umum untuk mengetahui apakah suatu kolam renang layak untuk digunakan atau tidak. Dengan begitu, Anda bisa lebih hati – hati dan lebih mudah memilih kolam renang yang aman untuk Anda atau orang terdekat Anda gunakan.

BACA JUGA  Tips Keren Dapat Tiket Kolam Renang yang Murah

Tinggalkan komentar