Tips Pilih Jenis finishing, bahan Lantai Dan Dinding Kolam Renang

Selain proses pembuatan kolam renang, proses finishing pada kolam renang juga menjadi suatu hal yang penting. Mengingat finishing adalah proses terakhir yang akan mempengaruhi tampilan kolam renang.

Beberapa material yang bisa mempengaruhi keindahan dan kemewahan kolam renang terdapat pada lantai kolam, pemakaian bahan stainless ataupun taman yang berada di tepian kolam.

Jenis material dan bahan Lantai Dan Dinding Kolam Renang

Terkhusus untuk pemilihan lantai dan dinding kolam, agar terlihat lebih indah dan mewah anda bisa memperhatikan berbagai tips memilih bahan lantai dan dinding kolam renang berikut ini :

Menggunakan Bahan Keramik- material termurah

Bagi anda yang mempunyai budget terbatas untuk pembuatan kolam renang, finishing menggunakan keramik merupakan pilihan yang pas. Karena jika dibandingkan dengan menggunakan bahan lain, finishing lantai dan dinding menggunakan bahan keramik jauh lebih murah.

BACA JUGA  Inilah Daftar Harga Obat Kolam Renang Terbaru

Selain pilihan coraknya yang beragam, keramik mudah sekali dijumpai di toko bahan bangunan. Ongkos pemasangannya pun cukup murah. Hal inilah yang menyebabkan bahan keramik dipilih sebagai bahan finishing kolam renang.

Menggunakan finishing Mozaik ( lantai dan dinding berkesan mewah )

Jika anda memiliki danan yang besar, sebaiknya jangan memilih menggunakan keramik. Tapi pilihlah bahan finishing berupa mozaik untuk material dinding dan keramik. Mozaik ini akan memberikan kesan yang lebih mewah dibandingkan dengan keramik. Terlebih lagi di permukaan mozaik terdapat bahan antigores yang akan memancarkan lantai dan dinding berkesan mewah.

Namun jika dilihat dari segi harga, mozaik jelas lebih mahal jika dibandingkan dengan keramik. Begitupun jika dilihat dari lamanya pemasangan. Mozaik memerlukan waktu pemasangan yang lebih lama jika dibandingkan dengan keramik karena diperlukan ketelitian pada pemasangannya.

Menggunakan Batu Alam ( material dengan konsep alam )

Selain keramik dan mozaik, batu alam juga bisa digunakan untuk finishing lantai dan dinding kolam renang. Terutama di daerah pariwisata yang terkenal dengan kesenian dan kebudayaannya seperti Bali dan Yogya.

BACA JUGA  Kenali Perlengkapan Yang Wajib Ada Di Kolam Renang

Banyak kelebihan yang bisa ditonjolkan dengan batu alam. Salah satunya kolam renang akan terlihat lebih berkarakter. Selain itu, permukaan batu alam tersebut berpori sehingga tidak akan terasa licin. Namun sayangnya, penggunaan batu alam bukan berarti tanpa kekurangan. Selain pemasangannya yang cukup rumit, diperlukan jugs biaya yang lebih banyak untuk perawatannya.

Menggunakan bahan finishing Batu Sikat pada lantai kolam renang hal yang unik

Sekalipun terdengar kurang populer, tapi ada juga yang menggunakan finishing dengan menggunakan batu sikat. Yang dimaksud dengan batu sikat di sini adalah batu-batu kerikil kecil yang ditempelkan pada permukaan yang terbuat dari beton.

Kelebihan penggunaan batu sikat di sini adalah terlihat kesan mewah pada kolam renang sekaligus unik dan tidak licin. Namun pada sisi kelemahan, ada risiko keretakan pada lantai dan dinding yang timbul saat batu-batu kerikil kolam renang tersebut terlepas. Sehingga diperlukan ketelitian yang lebih dalam pemasangan batu kerikil tersebut.

Menggunakan Vinyl

Sama seperti batu sikat, penggunaan vinyl sebagai finishing kolam renang juga tidak begitu populer di Indonesia. Meskipun vinyl banyak digunakan untuk kolam renang di daerah Eropa. Vinyl mempunyai banyak corak dan motif yang bisa dipilih. Harganya juga terjangkau. Bahkan lebih murah dibandingkan dengan bahan lainnya.

BACA JUGA  Ini Dia Alat Vacuum Cleaner Untuk Kolam Renang

Tapi sayangnya, kesan murah dan kurang menarik akan terlihat pada kolam renang yang menggunakan vinyl sebagai bahan finishingnya. Terlebih lagi saat permukaan vinyl sudah mulai memudar.

Itulah 5 pilihan bahan finishing material yang bisa anda pilih dan terapkan pada lantai dan dinding kolam renang di rumah. Dari kelima pilihan di atas, anda bisa memilih sesuai dengan selera dan budget yang anda miliki.

Tinggalkan komentar