Air Kolam renang berkurang pada saat Pompa bekerja, Kenapa bisa menyusut? Yuk cari kebocorannya.

Air Kolam renang berkurang pada saat Pompa bekerja, Kenapa bisa menyusut? Oke, bayangkan… Anda berjalan ke kolam Anda dan melihat bahwa level air kolam renang lebih rendah dari biasanya.

]Kemungkinan yg anda lakukan adalah menambahkan air. Beberapa hari kemudian dan Anda melihat permukaan air kembali rendah. Tiba-tiba, Anda tersadar, “kolam saya bocor” atau “Kolam saya hanya kehilangan air saat pompa hidup.”

Nah masalah bukan?

Sebagai pemilik kolam atau pemilik jasa perawatan kolam , kita ketahui bahwa sangat tidak ideal jika pompa tidak bekerja. Padahal, Justru yg tidak Anda ketahui adalah mengapa Air Kolam renang berkurang pada saat Pompa bekerja?

Dibawah ini adalah Point sebelum anda mempelajari kebocoran / pengurangan air kolam renang pada saat pompa bekerja.

Kita ketahui bahwa jalur pipa utama pada sirkulasi kolam renang ada 2 yaitu Jalur pipa tekan dan jalur pipa Hisap. Ok Fix, bagi anda pemilik kolam / pemilik jasa perawatan kolam wajib tahu hal ini.

Jalur pipa tekan berfungsi untuk Mendistribusikan / mendorong Air kolam menuju kolam renang. Sedangkan jalur pipa Hisap adalah jalur pipa yg berfungsi untuk menghisap air dari kolam renang / balancing tank menuju sandfilter.

Yuk, kita mulai baca pembahasan di Bawah ini..

Air Kolam renang berkurang pada saat Pompa bekerja

Nah kebocoran kolam renang bisa aja terjadi karena penguapan dari sinar matahari, dari limpahan air ke luar area kolam renang dll. Umumnya jika terjadi karena penguapan, penurunan level air kolam renang memakan waktu berhari2 bisa 3 – 7 hari. Namun, jikma kehilangan air dengan cepat, hal tersebut harus di atasi dengan segera. Bisa fatal akibatnya!

Pada artikel kali ini yg kita bahas adalah penyusutan air kolam renang yg berkurang pada saat pompa di hidupkan.

Namun, itu tidak berarti kebocoran bisa saja terjadi di pompa renang.  Namun, ini berarti Anda mengalami kebocoran pada jalur pemipaan tekan dan bukan kebocoran pada sisi isap.

Kebocoran terjadi pada jalur pemipaan tekanan

Umumnya, jika kolam renang Anda kehilangan air pada saat pompa sedang posisi running, kolam tersebut mengalami kebocoran balik sisi tekanan. Pada saat pompa di hidupkan, tekanan air mengalami penurunan. hal ini dapat menyebabkan kebocoran kecil dan semprotan air melalui Pipa kolam renang (dari Sand filter ke pompa Sirkulasi.)

Nah kita mulai pelajari dan menganalisa kebocoran yang terjadi di pemipaan. Yang harus di lakukan adalah:

Periksa Semua Sambungan Pipa

Area pertama yang harus anda periksa adalah: apakah ada kebocoran adalah sambungan fiting pipa, sambungan, siku, dan pompa Anda untuk menyaring selang. Coba cek pada drat pipa, cek juga pada bagia selotif, jadi cek semua sambungan secara visual.

Nah yang paling utama yg di cek juga adalah pompa kolam, sand filter, klorinator, dan pemanas kolam renang. Jika pemanas kolam Anda bocor, Anda harus bertindak cepat. Pemanas yang bocor dapat mempengaruhi komponen yg ada di dalamnya.

Memeriksa Valve Multiport pada sand Filter

kebocoran katup multiport pool

Gambar: untuk kebocoran katup multiport pool “

Valve Multiport pada sand Filter sangat penting karena bertugas untuk mengontrol aliran air kolam renang. Yang harus di periksa, cek saluran masuk dan saluran keluar.

Sumber kebocoran yang umum lainnya adalah selang backwash. Periksa ujung selang backwash apakah ada air yang mengalir atau tidak..

Kebocoran pada sand filter juga dapat terjadi pada katup multiport filter yang rusak. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya air bersih di saluran limbah atau saluran backwash. Penyebab lain di Valve Multiport adalah gasket laba-laba Anda. Gasket laba-laba yang rusak, bisa juga menyebabkan kebocoran air.

Gambar: Untuk informasi lebih lanjut, kami merekomendasikan membaca:

Memeriksa Inlet fiting dan jalur sirkulasi Fiting

perbaikan kebocoran jet pool return

Hasil gambar untuk perbaikan kebocoran jet pool return “

Bagian lain yang perlu di periksa adalah Inlet fiting dan jalur sirkulasi Fiting. Seringkali, saat memasang jalur baru, kebocoran dapat terjadi di sekitar ini atau padasalah satu alat kelengkapan. Meskipun hal ini tidak seharusnya terjadi, kadang teknisi bisa membuat kesalahan pada saat memasang jalur pipa baru, sehingga sulit untuk diidentifikasi.

Nah setelahnya coba cek pada sekeliling area kolam renang memeriksa titik basah atau genang air. Jika titik ini sudah ketemu, beberapa point soal kebocoran kolam ini setidaknya sudah bisa di atasi.

Penting : Salah satu penyebab kebocoran pada pipa ini Bisa terjadi Pada saat mencangkul tanah untuk menanam tanaman. Untuk mengatasi kolam renang bocor hal ini anda bisa memasang pengaman pipa. Pengaman maksudnya memasang benda padat yg di taruh di atas pipa di sepanjang jalur pipa. Yang bisa anda gunakan dan gampang anda dapatkan di proyek adalah bata / batako / koral.

Mengecek jalur pipa Tekanan

Sayangnya, beberapa kebocoran tidak mudah terlihat. Jika Anda tidak menemukan kebocoran apa pun, Anda mungkin perlu melakukan test uji tekan pipa. Pengujian tekanan pipa ini bisa menggunakan Presure gauge. Jika tidak biasa mengecek jalur sirkulasi ini, kami sarankan untuk mencari jasa kebocoran pipa di kota anda. Umumnya tukang ledeng / tukang pipa sudah memiliki alat ini.

mengecek tekanan air kolam renang dengan presure gauge

Namun, jika Anda ingin melakukan uji tekan pipa sendiri anda bisa membeli pressure gauge di toko alay pipa / listrik. Harga pressure gauge berkisar antara Rp. 350.000 –  Rp. 1.000.000. CUkup mahal bukan?

Tujuan Pengetesan tekanan pipa ini untuk mengetahui apakah ada kebocoran pada pipa sirkulasi atau tidak. Tes tekan ini juga tidak memberi informasi posisi yg tepat lokasi titik bocor. Namun dengan cara ini kita bisa memasitkan bahwa pipa sirkulasi ada kendala atau tidak.

Bagaimana kalau tidak Menemukan Kebocoran?

Apa yang terjadi jika Anda tidak menemukan kebocoran? Segera Hubungi jasa kebocoran kolam renang karena kami yakin mereka punya solusi dan analisa tentang hal ini. jasa kolam renang biasanya melakukan serangkaian pengujian dan analisa untuk membantu menentukan lokasi titik bocor dan membantu memperbaiki kebocoran.

Nah demikian artikel mengenai kebocoran Air Kolam renang berkurang pada saat Pompa hidup. Namun,Jika setelah membaca artikel ini Anda merasa mungkin mengalami kebocoran instalasi pipa hisap, kami akan menuliskan artikel tentang hal tsb di lain waktu.

Tinggalkan komentar