Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Berenang Di Kolam Renang Umum

Saat liburan sering kali menjadi waktu dimana Anda bisa berkumpul dan melakukan banyak hal bersama dengan teman atau keluarga. Salah satu tempat yang sering dipilih adalah kolam renang umum. Berenang dan bermain air memang menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi banyak orang. Tapi, jika Anda memilih untuk mencoba berenang di kolam renang umum, ada baiknya Anda memperhatikan hal – hal berikut ini terlebih dahulu.

#1 Hindari Kolam Renang Dengan Aroma Kaporit Yang Menyengat

Sebagian besar kolam renang umum menggunakan kaporit sebagai bagian dari perawatannya. Penggunaan kaporit memang bisa dibilang cukup murah untuk membersihkan kolam renang dibandingkan harus mengganti seluruh air kolam renang.

Namun, penggunaan kaporit yang berlebihan dan terpapar kaporit terlalu sering bisa membuat kulit Anda menjadi rusak. Kadar kaporit ini bisa diperkirakan dari aroma yang tercium. Beberapa kolam renang umum bahkan memiliki aroma kaporit yang bisa Anda cium sejak masuk ke pintunya. Khususnya kolam renang yang tidak begitu besar.

BACA JUGA  Inilah Daftar Harga Obat Kolam Renang Terbaru

Bau kaporit yang terlalu menyengat dan berlebihan berarti pengelola kolam renang menggunakan kaporit dalam kadar yang cukup tinggi. Jika Anda menemukan hal ini, ada baiknya Anda tidak berenang di tempat tersebut lagi lain kali.

#2 Mandi Sebelum Dan Setelah Berenang

Banyak orang yang mengabaikan pentingnya mandi sebelum berenang. Padahal dengan mandi sebelum berenang, Anda bisa mengurangi residu yang ada di kulit. Dengan begitu, kuman dan kotoran yang terkumpul di kolam renang bisa berkurang.

Sedangkan mandi setelah berenang membantu kulit Anda agar tidak menyerap zat – zat yang membahayakan tubuh. Meskipun air kolam renang terlihat bersih, belum tentu air kolam tersebut bebas dari polutan atau kontaminan. Misalnya kaporit yang dicampurkan dalam air kolam renang atau sisa pengunjung yang buang air kecil di kolam renang.

#3 Gunakan Kacamata Renang

Kandungan kaporit yang digunakan untuk membersihkan kolam renang ataupun sisa kotoran manusia tentu saja tidak akan baik untuk mata Anda. Karena itu, jika Anda berenang di kolam renang umum, ada baiknya Anda menggunakan kacamata renang. Dengan begitu, mata Anda akan lebih terlindungi dari risiko infeksi.

BACA JUGA  Ciri Air Kolam Renang Sehat Dan Aman Untuk Berenang

#4 Jangan Lupa Membawa Handuk Sendiri

Beberapa kolam renang menyediakan handuk yang bisa Anda pinjam dan gunakan. Misalnya seperti kolam renang hotel. Handuk – handuk ini tentu saja sudah dibersihkan dengan rutin dan baik, tapi akan lebih baik jika Anda tetap menggunakan handuk pribadi untuk membersihkan diri.

Bagaimanapun, Anda tidak tahu siapa yang menggunakan handuk tersebut sebelumnya. Bisa jadi, ada pengunjung yang memiliki penyakit kulit atau penyakit menular lainnya. Menggunakan handuk pribadi akan memberikan Anda keleluasaan dan juga meminimalisasi risiko penularan penyakit kulit.

#5 Minum Air Bening Yang Banyak Jika Tidak Sengaja Tertelan

Kadang kala, saat sedang berenang ada saja air kolam renang yang tidak sengaja tertelan. Padahal, air di kolam renang umum seringkali tercampur dengan berbagai hal yang tidak bisa diterima tubuh. Seperti kaporit, sisa buang air kecil pengunjung lain, bahan kimia lain, kuman, dan berbagai zat yang tidak dikenal tubuh. Karena itu, akan lebih baik jika Anda meminum banyak air bening setelahnya untuk menjaga kesehatan dan kondisi tubuh Anda.

BACA JUGA  5 Cara merawat & membersihkan Kolam Renang

Nah, itulah 5 hal yang perlu Anda perhatikan saat berenang di kolam renang umum. Selain lima hal tersebut, menurut Anda apalagi hal yang harus diperhatikan saat berenang di kolam renang umum?

Tinggalkan komentar