5 Cara merawat & membersihkan Kolam Renang

Cara merawat dan membersihkan kolam renang, Memiliki kolam renang sendiri memang sesuatu yang menyenangkan. Banyak hal yang bisa Anda lakukan apabila memiliki kolam renang pribadi di rumah. Misalnya untuk bersantai saat akhir pekan, berenang setelah bekerja, atau mengadakan kegiatan bersama teman – teman dan sanak saudara.

Namun, memiliki kolam renang pribadi juga berarti harus siap melakukan perawatan agar kolam tetap bersih. Kolam yang bersih tentu saja akan terlihat indah dan nyaman digunakan. Sebaliknya, kolam yang jarang dibersihkan akan terlihat kotor dan kumuh.

Berikut ini beberapa tips merawat kolam renang yang bisa Anda lakukan.

#1 Merawat kolam renang dengan cara Skimming Dan Scrubbing

Agar bersih dan terawat, kolam renang perlu dilakukan skimming dan scrubbing secara berkala. Skimming berfungsi untuk menyingkirkan kotoran yang mengambang di atas kolam. Sedangkan scrubbing dilakukan untuk mencegah ganggang atau lumut tumbuh di bagian dinding kolam renang. Selain itu, jika Anda memiliki budget lebih, Anda juga merawat kolam renang dengan menggunakan vakum robot agar dasar kolam juga menjadi bersih dan terawat. cara ini tentu bisa merogoh kantong anda.

#2 Membersihkan Filter untuk Kolam Renang

Filter kolam renang adalah salah satu alat yang dapat membantu Anda menjaga kebersihan kolam renang lebih lama. Dengan adanya filter, kotoran kecil seperti debu, daun, dan benda – benda lainnya bisa tersaring dan jadi lebih mudah dibersihkan.

Akan tetapi, penggunaan filter juga tetap perlu pengawasan dan filter kolam renang wajib di bersihkan. Nyalakan filter maksimal selama 6 jam dalam satu hari. Dan jangan lupa untuk membersihkan pipa filter setidaknya satu kali setiap bulan. Dengan begitu, endapan yang ada di filter tidak tersimpan lama dan tidak sampai mengerak.

Mengganti filter kolam renang juga wajib di lakukan jika umur filter sudah tua dan rusak.

tips kolamrenangku

#3 Menggunakan Bahan Kimia Yang Konsisten

Penggunaan bahan kimia memang dapat membantu membersihkan kolam renang. Akan tetapi, penggunaan yang tidak seimbang malah akan membuat kolam renang Anda menjadi keruh. Selain itu, kulit dan mata Anda juga dapat mengalami iritasi. Hal ini karena kondisi yang tidak ideal justru akan membuat bakteri tumbuh dengan subur di dalam kolam renang.

Untuk menghindari hal tersebut, idealnya Anda perlu melakukan tes air kolam setidaknya setiap minggu. Anda bisa memeriksa berbagai hal terkait kondisi kolam renang Anda. Mulai dari tingkat keasaman, kandungan klorin, dan juga kandungan kalsium pada kolam renang. Melakukan tes ini sebenarnya tidak sulit, karena Anda bisa menemukan testing kits tersebut di toko yang menyediakan berbagai macam kebutuhan kolam renang.

#4 Cara merawat kolam renang bisa juga menggunakan Baking Soda Sebagai Alternatif

Harga obat – obatan kimia untuk kolam renang memang cenderung mahal. Namun, jika Anda ingin menjaga kondisi kolam renang Anda tetap baik, beberapa jenis obat bisa Anda gantikan dengan baking soda. Pemberian baking soda di kolam renang membantu mengontrol alkalinitas dan juga pH kolam renang agar tetap stabil dan aman untuk digunakan.

#5 Pastikan Sudah Dibersihkan Dengan Tuntas

Meski tidak setiap hari, ada kalanya kolam renang perlu dibersihkan secara tuntas. Setidaknya dua kali dalam satu tahun. Untuk membersihkan secara tuntas, Anda bisa menggunakan klorin dan menambah tingkat klorinnya hingga 3 – 5 kali jumlah klorin normal. Hal ini dilakukan untuk membantu menyingkirkan bakteri secepat mungkin.

Itulah lima cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga dan merawat kolam renang Anda tetap bersih dan indah. Kolam renang yang bersih dan indah tentu saja akan memberikan suasana santai yang lebih menyenangkan untuk Anda dan orang terdekat. Dari lima hal tersebut, adakah yang belum pernah Anda coba? kolamrenangku.com

Tinggalkan komentar